Riding Hemat Bensin | Forum

soerazye
soerazye Oct 11 '16
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Bismillahirohmanirohim


Perkenalkan gue Suraji member Prides Jakarta, kali ini gue mau menceritakan perjalanan gue ke teluk kiluan beserta tips dan trik menghemat bensin di kala riding.



Rabu, 7 September 2016


Pagi pas mau berangkat kantor cek kondisi kendaraan, rante, oli, kampas rem ama kelistrikan, cek apa semuanya lancar. Rante kering perlu dikasi chainlube, oli mmasih aman, kelistrikan masih aman. Tapi ternyata kampas rem depan yang gue pake udah mau abis < 1mm. Yaudah siangnya di kantor gue pesen kampas rem secara online. 



Kamis, 8 September 2016


Pulang kantor cek di kosan, kampas rem udah sampe. malem ini gue packing buat besok, coz besok mau nongkrong ama temen dulu trus langsung ke Lampung. Kali ini bawaan gue: jaket, celana jeans, protektor, tankbag, tenda, hammock, baju 4 stel, soalnya gue cuti seminggu sekalian lebaran haji di lampung. Oiya rumah gue aslinya di lampung. packing beres, tinggal besok berangkat.



Jumat, 9 September 2016


Yak pulang kantor langsung cus nongkrong ama temen di bintaro. 



Sabtu, 10 September 2016


Kelar2 jam 2 malem, langsung cus ke merak. Jalanan sueeepiiiiiiii, Riding 2 jam aja udah sampe Cilegon. Mostly jalanan di jakarta merak udah di cor, jarang lobang, palingan ada perbaikan jalan yang di cor di 2 tempat. Sekitar jam 4 gue putusin untuk berhenti sebentar di pom bensin karena kebelet pipis. Pas masuk pom bensin, ada bunyi2 aneh dari belakang sebelah kiri. Gue pikir mungkin rante gue masalah nih, coz terakhir ada bunyi2 begitu rante gue putus. Pas gue cek ternyata ada obeng standar motor yang bolak balik itu nancep di ban gue, yang keliatan cuma ujung obeng minusnya doang. KAMPRET emang!!! Gue coba cabut, buset panjang bener, emang full satu obeng masuk ke ban gue. 



Gue coba miringin motornya, berharap anti bocor gue bisa nutup lobang yang dibuat si obeng. Tapi sia-sia sudah, nasi telah menjadi bubur, ban kempes jjesss..... coz lobangnya terlalu ke pinggir. Gila masih subuh gini mana ada tambal ban tubeless yang buka. Setelah solat subuh gue putusin untuk lanjut ke merak aja, gue pikir nambalnya nanti aja pas turun kapal. Sambil jalan pelan2 sapa tau ada tambal ban yang buka, ternyata gak ada, amsyong. Geal geol geal geol, ban kempes... Lanjut sampe merak antrian mobil lumayan penuh, tapi motor bisa masuk selip-selip. Bayar tiket 45rb aja untuk 1 motor termasuk penumpang. Lanjut cari kapal, dapet deh dermaga 3. Gue ambil kelas AC yang ada tempat tidurnya, nambah 10rb. 


turun kapal jam 7.20 langsung cari tambal ban dengan ban kempes geol geol. Dapet tukang tambal di tanjakan deket pom bensin. Abis distandarin, abangnya langsung ngecek. Pertama ditusuk biar gampang masukin tambalannya, pas d tusuk udah ngelos, Ban gue udah gak perawan lagi T_T. Trus ama abangnya dimasukin tambalan, cabut kelar, udah.... gitu doang.... ckckckkckckc...


Lanjut ke bandar lampung pulang ke rumah. Update jalanan ke bandar lampung gak banyak lobang, tapi jangan kaget kalo bikin ngocok perut coz bergelombang banget sampe kalianda. sampe rumah jam 9.30 istirahat



Minggu, 11 September 2016


Hari ini cek motor, cek oli cek kampas rem, cek lain2. Oli oke belom berkurang, rante gue kasi oli mesin aja, males beli chain lube. Gue kali ini ganti kampas rem yang udah gue beli. pertama lepas pengunci kampas rem nya, trus lepas baut kalipernya, goyang goyang kalipernya biar agak renggang, lepas kalipernya dari motor, selangnya gausah dilepas, baru deh lepas kampas remnya. Bersihin pistonnya pake sikat gigi atau kuas + air sabun, jangan pake sikat kawat kaya abang2 bengkel, nanti lapisan chromenya kelupas n bisa bocor itu minyak rem. Kalo udah bilas, kali ini gue lepas kalipernya dari breket kaliper, coz kayanya agak seret, abis gue lepas gue kasih oli biar licin dan bisa maen itu kaliper, nggak stiff (kaku). Udah semua pasang deh kampas remnya, pasang kalipernya, trus pencet remnya dulu, jangan langsung dipake jalan, nanti ngelos.


Sebelumnya gue pake bendix, testi gue, ini kampas rem pakem banget menurut gue, dibanding ama kampas rem merk lain yang udah gue pake. sekarang gue ganti pake elig, kesan gue pake elig, masih lebih pakem bendix, tapi si bendix lebih cepet abis dan lebih tipis, harga juga lebih murah bendix. Elig sama Bendix ini sama-sama dari keramik, katanya sih nggak ngerusak disk. FYI gue lebih suka ngerem pake rem dibanding pake engine brake, jadi kopling gue teken gitu biasanya, kalo kepepet baru pake engine brake. So kampas rem depan pasti cepet abis.



Rabu, 14 September 2016

Hari ini rencana gue ke pantai Gigi Hiu


Pic from gugel


hari ini gue bangun agak siang, jam 8, sambil nunggu kaka gue yang mau bikin e-KTP di kecamatan. Mandi, Packing, gue bawa peralatan kemping yang uda gue bawa, semuanya masuk ke dalem box. Jam 9n siap, kaka gue dateng, pas deh berangkat jam 10.


ini rutenya:





ini kondisi jalanan yang gue lewatin sampe di depan tugu selamat datang kiluan:



Sedikit kubangan, wkwkwkwk



nah nanti kalian ketemu gapura kaya gini



pic from google, uda cape riding males pepotoan


kalo masuk gapura, kalo kebawah itu ke kiluan, kalo liat kalian ada tanjakan terjal, itu ke Gigi Hiu, tujuan riding kali ini. Nih jalan nanjak ke gigi hiunya:



FYI tanjakannya lebih dari 30', cuma rider berpengalaman yang disarankan lewat sini, ckckkckckckck....


Mulai nanjak riding berdua ama kakak gw, box isi full ama tenda, n makanan + tankbag isi baju n gadget. pertama sih jalanan masih oke untuk diajak riding. Satu per satu, pertama kaka gue turun karena kayanya jalan udah gak friendly, kakak gue jalan bawa tank bag. Selain kondisi jalan yang mulai semakin parah, motor yang berat dan ketinggian juga jadi masalah buat gue. Kondisi jalan makin lama makin ancur, pertama ada aspalnya, trus aspalnya bolong-bolong, lama-lama gak ada aspalnya lagi, bahkan sisa-sisa aspal juga nggak ada, pondasi aspal juga ikut ilang digerus ama air ujan. Bahkan lu bisa liat itu batu gunung yang ngebentuk gunungnya, bener2 gede bukan lagi sebesar kepalan, malah lebih besar dari gue sendiri mungkin kalo digali sampe keliatan bentuknya. Trus ada abang2 dateng dari atas lewat bawa hasil bumi, gue tanya aja abangnya dan terjadilah kejadian itu, percakapan diantara dua insan yang sedang berusaha melewati ganasnya tanjakan menuju ke gigi hiu:

S: Suraji

A1: Abang-abang


S: bang gigi hiu lewat sana ya?

A1: iya bang, mau kesana ya?

S: iya nih, ini tanjakkannya masi jauh nggak sih?

A1: nggak kok, itu dikit lagi

S: oooh, berarti abis ini udah turunan aja ya?

    trus nanti itu ada nanjak lagi nggak?

A1: nggak ada, ini doang, abis ini turunan aja

S: oooo, bener ini doang kan bang? gak ada lagi

A1: iya ini doang

S: trus kalo mau ke gigi hiu masi jauh nggak

A1: paling sekitar 7 kilometer dong mas

S: ooo, yaudah deh bang makasih ya


dan gue berlanjut untuk menuju puncak.


Gue coba untuk riding pelan-pelan, kaki gue sampe napak, coz ada jalan yang kegerus cukup dalem. tapi ada nanjaknya juga, sampe kaki gue nggak sampe, kampret! akhirnya gue turun sambil gue tuntun itu motornya. Sumpah itu jalanan nanjak banget, baru kali itu gue lewatin jalan yang model begitu. pertama landai, lama-lama makin vertikal, amsyong! Sampe gue ama kakak gue istirahat sekitar 2 kali selama menuju ke puncak itu.


Pas udah mau puncaknya, sekitar 50 meter lagi, gue ngerasain motor gue udah mulai ngempos. Gue curiga motor gue kampas koplingnya abis. masih bisa jalan sih, tapi giliran di gas agak dalem aja, langsung ngegerung itu motor. Haduuuh, di tempat kaya gini, motor gue gak mau kompromi gini. Siaaaaaaaaaalllllllll!!!!!!!!!! 


Akhirnya gue kepegelan, gue standarin motor gue, trus gue minggir, tiduran di pinggir jalan ama kakak gue sambil nutupin badan pake jaket biar gak kena sengatan matahari langsung. Trus pas gue lagi istirahat, ada abang-abang lewat. kemudian terjadi percakapan yang menggugah pemikiran gue:

S: Suraji

A2: Abang-abang 2



Sabar, ceritanya belom klimaks :crot: :crot: :crot: :crot: C====3

The Forum post is edited by soerazye Oct 17 '16
Salum_mbelgedhezz
Salum_mbelgedhezz Oct 11 '16
Pertamax
Salum_mbelgedhezz
Salum_mbelgedhezz Oct 11 '16
Pertalite diamankan juga
soerazye
soerazye Oct 11 '16
perjancuk
alex_agung Momod
alex_agung Oct 12 '16
buset kayak rial ketancep obeng
Awheer
Awheer Oct 14 '16
Siip
Kuromi
Kuromi Oct 14 '16
Ditunggu klimaksnya wkwkwkwkwk
crazy
crazy Oct 14 '16
Kodenya ini yak?
Kiluan? :D
Praba
Praba Oct 17 '16

Quote from soerazye 

FYI tanjakannya lebih dari 30', cuma rider berpengalaman yang disarankan lewat sini, ckckkckckckck....




Sabar, ceritanya belom klimaks :crot: :crot: :crot: :crot: C====3

Buseetttt.... suradjie jauh2 dari DKI-Lampung, cuma mau CoLiiiii.... wkwkwkwkkk...
askharae2
askharae2 Oct 17 '16
lanjut jiiiii, nanggung nih

black_trojan
black_trojan Oct 18 '16
njriittttttt...mana lagi ceritaanya langsung antiklimaks gini
Awheer
Awheer Oct 19 '16

Quote from Praba
Quote from soerazye 

FYI tanjakannya lebih dari 30', cuma rider berpengalaman yang disarankan lewat sini, ckckkckckckck....




Sabar, ceritanya belom klimaks :crot: :crot: :crot: :crot: C====3

Buseetttt.... suradjie jauh2 dari DKI-Lampung, cuma mau CoLiiiii.... wkwkwkwkkk...
ini quote paling taiiiii.... wakakakakakka
AbaKhadija
AbaKhadija Oct 19 '16
Oye sekali kakak.....
Chammadz
Chammadz Oct 19 '16
Bener2 perjalanan yang mantab... Nice RR
oyanzcutez
oyanzcutez Oct 21 '16
kentang niy......:waiting:
Arby23
Arby23 Aug 7
bangke.. dah baca nyampe bawah, kaga ada lanjutan nya.. -.-
soerazye
soerazye Aug 7
Quote from Arby23 bangke.. dah baca nyampe bawah, kaga ada lanjutan nya.. -.-
Sengaja ler, wkwkkwkwkkwkw
Arby23
Arby23 Aug 7
lanjutiiiinnn, gw mau bacaaaaaaa

Quote from soerazye
Quote from Arby23 bangke.. dah baca nyampe bawah, kaga ada lanjutan nya.. -.-
Sengaja ler, wkwkkwkwkkwkw

black_trojan
black_trojan Aug 8
lah ini RR kaga ada kelanjutannya yak
Putu
Putu Aug 31
Lhaaa ,,, mana ini ,,, jadi tujuannya ke Gigi Hiu apa ke abang2nya ney ... wkwkwkwk #gagalpaham
Pages: 1 2 »